Beranda » Online Learning UHAMKA 2021
Kuliah online uhamka

Online Learning UHAMKA 2021

Halo sobat catatantoday.com, sepertinya kita harus kembali berlapang dada menerima tahun ajaran baru masih dengan pembelajaran jarak jauh: online learning.

Sebagian dari kita mungkin sudah merasa bosan dengan sistem pembelajaran ini. Karena tak ada kesan kebersamaan, seperti saat pertemuan tatap muka. Tak ada bercanda dan bercengkrama seperti biasanya. Berdiskusi pun terasa lain, sebab dilakukan secara daring.

Dua tahun sudah kita harus melaluinya. Tentu banyak faktor memengaruhi kebosanan ini. Termasuk juga perasaan ‘tidak puas’ dengan hasil pembelajaran tersebut.

Sebut saja ‘penyesuaian diri’ yang terkesan mendadak dan serba apa adanya dengan sistem belajar baru ini, sebagai salah satu faktor munculnya rasa bosan dan tidak puas dalam menjalaninya. Memang serba mendadak dan tanpa persiapan. Mau tidak mau kita harus melakukan model belajar baru, yang bahkan tak akrab di lingkungan kita.

Karena penyebaran pandemi yang kian hari tak berkurang. Bukan hanya jenjang pendidikan usia dini dan sekolah wajib saja yang PJJ, kuliah pun harus mengambil langkah online learning.

Secara umum, pada jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA, masih menggunakan metode sederhana. Sebatas menggunakan aplikasi seperti whatsapp, zoom, google meet, atau google classroom. Cukup simple untuk digunakan secara luas dari berbagai lapisan masyarakat, selaku guru dan wali murid.

Namun tidak demikian dengan jenjang pendidikan perguruan tinggi. Sebagai akademi, sistem pembelajaran daring yang digunakan harus lebih canggih, menyeluruh namun harus tetap mudah diakses. Sehingga hasil yang dicapai dapat maksimal. Penggunaan perangakat atau sistem yang lebih canggih, tentunya sangat diperlukan.

Kuliah online uhamka

Kabar baiknya, UHAMKA (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka), telah menerapkan kuliah online menggunakan Learning Management System (LMS) dengan Moodle. Sehingga sistem perkuliahan menjadi lebih terstruktur, terarah, praktis dan komplet.

Dikutip dari buku panduan online learning UHAMKA:

Moodle adalah sebuah nama untuk sebuah program aplikasi yang dapat merubah sebuah media pembelajaran ke dalam bentuk web. Aplikasi ini memungkinkan Mahasiswa untuk masuk ke dalam “ruang kelas” digital untuk mengakses materi-materi pembelajaran. Dengan menggunakan Moodle, kita dapat membuat materi pembelajaran, kuis, jurnal elektronik dan lain-lain.

Ada tiga user dalam moodle ini, yaitu Admin, Dosen dan Mahasiswa. Admin merupakan user tertinggi, karena bertugas sebagai pembuka mata kuliah dan dapat mereset pasword login Dosen maupun Mahasiswa.

Di dalam moodle dosen dapat menulis materi mata kuliah dengan konsep lebih matang dan profesional. Didukung dengan berbagai macam activity resources semacam pembuatan label, page, link, file dan folder. Moodle juga memungkinkan activity perkuliahan menggunakan video conference, assignments, chatting, forum, penulisan rumus, membuat dan menjawab kuis dengan file attachment, men-download bahan ajar dan materi kuliah. Moodle bahkan memiliki menu fasilitas sharing presentasi, dan merekam video aktifitas belajar dan chatting.

Online learning uhamka

Untuk mengakses moodle juga sangat mudah. Tentu harus memiliki perangkat elektronik: handphone atau laptop dan listrik sebagai suplai energi. Karena berbasis web, akan lebih maksimal dengan akses melalui laptop atau komputer. Kemudian cukup login dengan email dan pasword masing-masing. Para user akan secara otomatis masuk ke dashbor.

Dengan segudang fasilitas canggih yang ditawarkan, tak salah jika kuliah online UHAMKA mampu mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal dan merubah kebosanan jadi hal yang menarik dalam perkuliahan.

Didukung dengan perangkat lunak semacam moodle, admin juga dosen yang berkualitas, menjadikan UHAMKA patut menjadi salah satu universitas pilihan.

18 komentar untuk “Online Learning UHAMKA 2021”

  1. Terima kasih informasinya. Sistem perkuliahan yang online seperti ini jadi memudahkan mahasiswa belajar tapi tetap bisa interaktif. Jadi nggak bosan meski terbatas jarak.

  2. meski sebenarnya lebih suka belajar offline, tapi untuk saat ini belajar online sangatlah menjadi solusi terbaik.
    apalagi jika model pembelajarannya juga sudah memudahkan semua mahasiswanya ya 🙂

  3. Menarik sekali model moodle ini, ada adminnya ya. Dulu kuliah senpat nyicip model perkuliahan kayak gni juga, biasanya buat ngambil bahan kuliah. tapi sedihnya jarang dipakai sama dosen2, cuma tertentu aja. keren nih Uhamka punya sistem pembelajarannya

  4. Aplikasi Moodle sangat membantu proses belajar mengajar secara online ya, karena terstruktur dan praktis serta lengkap. Wah keren UHamka…JD mahasiswa tetap merasa hadir di kelas meski virtual.

  5. Masa seperti ini sangat terbantu dengan sistem perkuliahan online ini. Jadi meraih ilmu tak terbatas jarak dan pandemi.

  6. beuntung saya bisa lulus kuliah akhir 2019 itu, sehingga tidak mengalami kuliah online. tapi di satu sisi banyak juga manfaatnya kuliah online ini, membuat kita makin melek dengan teknologi. Moodle ini saya ga ngalamin pakai ni kak

  7. keren nih, dulu belum sempat icip online learning seperti sekarang, sejak pandemi semua sistem lebih dimaksimalkan ke online

  8. Kukiah secara daring memang ada juga tantangannya ya. Biasanya banyak inovasi yang dihadirkan oleh berbagai lembaga belajar bimbel untuk pelajar demi memudahkan. Nah saat jadi mahasiswa ternyata juga ada, seperti yang dihadirkan oleh UHAMKA.

  9. Iya betul kangen ketemu temen temen atau jajan cilok bareng ka, semoga pandemi segera berlalu, etapi kuliah online terstruktur itu bagus juga nih, ta infoin ke temen temen anaku yang homeschooling usia sma

  10. Pingback: Zhi Management, Solusi Promosi Online Media Sosial – catatantoday.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *